BERITA :


Medan Timur Juara Pertama Lomba Kreasi Pangan B2SA, Menu Pemenang Disajikan di Hotel Berbintang

Medan Timur Juara Pertama Lomba Kreasi Pangan B2SA, Menu Pemenang Disajikan di Hotel Berbintang

Ketua TP PKK Kota Medan, Kahiyang Ayu berharap agar para peserta Lomba Kreasi Pangan Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) Tingkat Kota Medan ke depannya dapat semakin kreatif dalam menyajikan maupun mengembangkan makanan kreasi pangan lokal dengan memanfaatkan bahan pangan yang ada.
 
“Saya juga berpesan agar ibu-ibu untuk tidak boleh membuang makanan, masak secukupnya sehingga tidak terjadi boros pangan,” kata Kahiyang Ayu saat menghadiri Lomba Kreasi B2SA Tingkat Kota Medan Tahun 2024 di Gedung Serbaguna PKK Jalan Rotan Medan Petisah, Kamis (5/9/2024).
 
Di dampingi Pj Ketua DWP Kota Medan, Isabella Topan OP Ginting, Kadis Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan, Gelora Kurnia Putra Ginting dan Ketua Badan Pimpinan Daerah (BPD) Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumut, Denny S Wardhana, Kahiyang Ayu selanjutnya berharap agar kreativitas hasil makanan pemenang perlombaan ini dapat disajikan di hotel-hotel.
 
Lomba Kreasi B2SA Tingkat Kota Medan Tahun 2024 ini digelar Pemko Medan melalui Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan bekerja sama dengan TP PKK Kota Medan guna mendorong kreativitas pengembangan olahan pangan lokal dan sekaligus memperkenalkan pangan lokal.
 
Event ini diikuti TP PKK dari 21 kecamatan di Kota Medan. Sejak pagi para peserta sudah membuat aneka ragam pangan lokal terbaiknya dan memenuhi standar B2SA yang telah ditetapkan. Selanjutnya dewan juri melakukan penilaian kepada seluruh peserta. Usai penilaian, Kahiyang Ayu meninjau satu per satu meja peserta yang di atasnya tersedia beragam makanan dari pangan lokal tersebut.
 
Berdasarkan hasil penilaian dewan juri, juara pertama Lomba Kreasi Pangan B2SA adalah Kecamatan Medan Timur, Kecamatan Medan Tembung (juara kedua) dan Kecamatan Medan Area (juara ketiga). Sedangkan juara pertama pemenang Lomba Video dengan Like Terbanyak di media Sosial jatuh kepada Kecamatan Medan Polonia.
 
Kahiyang Ayu selanjutnya memberikan hadiah berupa piala dan kulkas (freezer) kepada masing-masing pemenang. Selain itu untuk juara pertama, menunya akan menjadi menu terbaru di hotel ternama Kota Medan sebagai bentuk apresiasi. Sedangkan pemenang lomba video dengan like terbanyak di media sosial diberikan hadiah berupa voucher breakfast di hotel yang ada di Kota Medan. 
 
Tidak itu saja, Kahiyang Ayu juga memberikan hadiah tambahan berupa sepeda dan kompor kepada para peserta yang berhasil menjawab pertanyaan dengan benar sebagai bentuk motivasi untuk terus berkreasi dalam mengolah pangan lokal.
 
Dalam perlombaan yang mengusung tema “Pangan Lokal Go Internasional, Kota Medan Semakin Dikenal” ini, juga dirangkaikan dengan penandatanganan naskah kerjasama antara Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Medan dengan BPD PHRI Sumut. Perlombaan dipungkasi dengan launching Aplikasi Manajemen Konsumsi Pangan.
 
Sumber : Prokopim Pemko Medan