BERITA :


Wujudkan SDM Pariwisata Unggulan, Pemko Medan Jalin MOU Dengan Politeknik Pariwisata Medan

Wujudkan SDM Pariwisata Unggulan, Pemko Medan Jalin MOU Dengan Politeknik Pariwisata Medan

Pariwisata adalah salah satu sektor yang terus dikembangkan oleh Pemerintah. Saat ini sangat banyak daerah yang mengandalkan wisata untuk menggerakan perekonomian. Atas dasar itu Pemko Medan menjalin kesepakatan bersama (MOU) dengan Politeknik Pariwisata Medan agar terwujud SDM Pariwisata unggulan di Kota Medan.

MOU tersebut ditandatangani langsung oleh Wali Kota Medan, Bobby Nasution bersama Direktur Politeknik Pariwisata Medan, Ngatemin di Kampus Politeknik Pariwisata Medan, Jum'at, (26/7).

Dihadapan para sivitas akademik dan ratusan mahasiswa/i Politeknik Pariwisata Medan itu, Bobby Nasution mengatakan kerjasama yang terjalin hari ini diharapkan dapat membawa kebaikan bagi masyarakat kota Medan yang ingin melanjutkan pendidikan ke Politeknik Pariwisata Medan, sebab nantinya akan ada beasiswa yang disiapkan untuk anak-anak kota Medan.

"Kami mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih atas terjalinya MOU hari ini sehingga anak-anak di kota Medan nantinya bisa mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan di kampus ini," kata Bobby Nasution.

Selain pemberian beasiswa bagi anak-anak di kota Medan, MOU yang ditandatangani tersebut juga berkaitan dengan program pemagangan bagi mahasiswa/i Politeknik Pariwisata Medan yang ingin melakukan praktik kerja lapangan di Pemko Medan. 

"Saya ingatkan kepada Perangkat Daerah terkait agar nantinya mahasiswa/i dari Politeknik Pariwisata Medan yang magang di Pemko Medan harus benar-benar ditempatkan di tempat yang tepat sehingga mereka memiliki pengalaman kerja dan etos kerja yang baik setelah lulus," pesan Bobby Nasution.

Bobby Nasution menilai pembinaan SDM pariwisata yang baik dari sejak dini akan mampu membantu meningkatkan sektor pariwisata, sehingga apabila sektor pariwisata berkembang maka sektor-sektor lainya juga akan ikut bergerak.

"Untuk mewujudkan itu kita harus menyiapkan Sumber Daya Manusianya, untuk itu dengan adanya mahasiswa/i Politeknik Pariwisata Medan hari ini harus bisa menjadi SDM pariwisata yang lebih unggul," kata Bobby Nasution.

Bobby Nasution juga mengajak untuk dapat bersama-sama menggali lebih banyak lagi potensi pariwisata di kota Medan agar dapat menjadi penompang ekonomi di kota Medan.

"Ayo sama-sama kita kembangkan pariwisata di Kota Medan, kita gali potensi yang ada dengan menyiapkan SDM yang unggul guna menyambut Indonesia Emas 2045," ajak Bobby Nasution.

Sebagai bentuk perhatian kepada para mahasiswa/i, Bobby Nasution dikesempatan itu juga memberikan bantuan modal usaha dan peluang promosi usaha kepada tiga mahasiswa yang telah memiliki usaha sendiri. 

Sementara itu usai acara, Direktur Politeknik Pariwisata Medan, Ngatemin mengatakan menyambut baik dengan adanya MOU ini. Dirinya juga berharap membawa kebaikan bagi Politeknik Pariwisata Medan dan juga Pemko Medan.

"Semoga membawa kebaikan bagi kita semua," kata Ngatemin.

Ngatemin juga menjelaskan MOU yang diakukan dengan Pemko Medan itu berkaitan dengan Tridharma Perguruan Tinggi yang mencakup pendidikan dan pelatihan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

"Setelah adanya MOU antara Pemko Medan dengan Politeknik Pariwisata Medan ini turunannya kita melakukan perjanjian kerjasama dengan Dinas Pariwisata Kota Medan dan Brida Kota Medan," jelasnya.

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan