BERITA :


Tingkatkan Kualitas Pelayanan, BKPSDM Kota Medan Adakan Forum Konsultasi Publik

Tingkatkan Kualitas Pelayanan, BKPSDM Kota Medan Adakan Forum Konsultasi Publik

Guna meningkatkan kualitas pelayanan kepegawaian, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Medan menggelar Forum Konsultasi Publik di Royal Suite Condotel, jalan Palang Merah, Rabu (19/6).

Acara yang di ikuti oleh para ASN yang membidangi urusan kepegawaian dari masing-masing Perangkat Daerah tersebut dibuka oleh Wali Kota Medan, Bobby Nasution diwakili Asisten Administrasi Umum Setda Kota Medan, Ferri Ichsan serta menghadirkan sejumlah narasumber diantaranya Kepala Bidang Mutasi dan Status Kepegawaian pada Kantor Regional VI BKN Medan, Ujang Iskandar dan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik USU, Hatta Ridho.

Dalam acara yang juga dihadiri langsung oleh Kepala BKPSDM Kota Medan, Sutan Tolang Lubis itu, Ferri Ichsan menyampaikan acara yang digelar hari ini merupakan bagian dari langkah strategis dan konstruktif dalam penyusunan perubahan atau penyesuaian standar pelayanan di lingkungan Pemko Medan, khususnya terkait dengan pelayanan administrasi kepegawaian yang perlu untuk terus disesuaikan dengan kebutuhan pengguna layanan maupun kemajuan sistem teknologi dan informasi yang dijalani saat ini.

"Forum ini merupakan kegiatan dialog, diskusi dan pertukaran opini secara partisipatif antara penyelenggara publik yaitu BKPSDM dengan publiknya yakni ASN Pemko Medan yang secara khusus menangani urusan kepegawaian di seluruh Perangkat Daerah"Kata Ferri Ichsan.

Masih dikatakan Ferri Ichsan, Peran serta publik dalam penyelenggaraan pelayanan publik diwujudkan dalam bentuk kerjasama, pemenuhan hak dan kewajiban publik, serta peran aktif dalam penyusunan kebijakan pelayanan publik yang dimulai sejak penyusunan kebijakan sampai dengan evaluasi kebijakan. 

"Salah satu contohnya ialah penyusunan kebijakan tentang standar pelayanan," ujar Ferri Ichsan.

Oleh karena itu, melalui forum ini Ferri Ichsan berharap para peserta memiliki kesempatan untuk memproleh pemahaman hingga solusi yang mencakup pembahasan rancangan dan dampak penerapan standar pelayanan yang ditetapkan BKPSDM Kota Medan terhadap seluruh ASN Pemko Medan sehingga diproleh standar pelayanan yang efektif dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik.

"Forum ini juga akan menjadi momentum untuk melakukan evaluasi terhadap kualitas pelayanan publik yang dilaksanakan BKPSDM. Dengan demikian kita dapat mewujudkan tata kelolah pemerintahan yang smart, bersih dan akuntabel," pungkas Ferri Ichsan.

Sebelumnya Kepala BKPSDM Kota Medan, Sutan Tolang Lubis dalam laporanya mengatakan tujuan diadakanya Forum Konsultasi Publik ini ialah untuk menyusun penyesuaian standar pelayanan.

"Kami di BKPSDM tentunya perlu mendengar masukan dari stakeholder, ahli, narasumber maupun pengguna layanan BKPSDM Kota Medan terkait layanan yang kami berikan karena kami ingin memberikan layanan yang lebih baik," jelas Sutan Tolang Lubis.

Standar pelayanan ini dinilai Sutan Tolang Lubis sangat penting agar pelayanan di BKPSDM Kota Medan semakin cepat, semakin mudah dan semakin terbuka.

"Kita mengedepankan penggunaan teknologi sehingga ASN yang ingin berurusan ke BKPSDM tidak perlu repot lagi datang ke Kantor BKPSDM cukup menggunakan aplikasi sudah dapat melakukan pengurusan segala administrasi yang diperlukan," terang Sutan Tolang Lubis.

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan