BERITA :


Sambut 1 Syawal 1442 H, Wali Kota Medan Takbiran bersama Masyarakat di Masjid Jamik

Sambut 1 Syawal 1442 H, Wali Kota Medan Takbiran bersama Masyarakat di Masjid Jamik

Menyambut Hari kemenangan 1 Syawal 1442 H, Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution,SE.,MM melakukan Takbiran bersama masyarakat di Masjid Jamik, Jalan Medan Area Selatan, Kelurahan Sukaramai I Kecamatan Medan Area, Rabu (12/5). Selain mempererat tali silaturahmi, kegiatan yang tetap menerapkan Protokol Kesehatan ini juga bertujuan untuk memastikan tidak adanya takbiran keliling, sebab Pemerintah Kota telah menghimbau masyarakat untuk melakukan Takbiran di Masjid karena Pandemi Covid-19 masih melanda.


Sebelum memulai Takbiran, Wali Kota Medan dalam sambutan singkatnya mengatakan setelah menjalani puasa satu bulan penuh di bulan Ramadhan, saat ini seluruh masyarakat khususnya umat muslim tengah menyambut dan merayakan hari kemenangan atau hari raya idul Fitri 1442 H dengan suka cita. Tentunya amal ibadah kita selama menjalani puasa kita jadikan pembelajaran untuk sebelas bulan kedepan.


"Ibadah yang kita jalani selama bulan Ramadhan baik itu sholat malam dan membaca Al Quran hendaknya dapat terus dijalankan bahkan ditingkatkan setelah bulan Ramadhan berlalu. Semoga kita semua dapat dipertemukan di bulan Ramadhan tahun selanjutnya," kata Wali Kota.


Dijelaskan Wali Kota Medan, Pemko Medan telah mengimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan takbiran keliling, langkah ini sesuai arahan Pemerintah Pusat karena Pandemi Covid-19 masih melanda Indonesia termasuk Kota Medan. Tentunya ini tidak mengurangi rasa syukur kita dalam menyambut dan merayakan hari kemenangan, sebab Takbiran tetap dilakukan di Masjid-masjid.


"Alhamdulillah saya melihat masjid Jamik tidak melaksanakan takbiran keliling dan melakukan takbiran bersama jamaah di masjid. Tentunya hal ini sangat baik dalam mencegah penyebaran Virus Covid-19 dan menjadi contoh karena dalam melakukan ibadah kita juga memikirkan umat manusia lainnya," jelas Wali Kota.


Wali Kota Medan menambahkan untuk pelaksanaan sholat Ied besok, Pemko Medan menghimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan sholat Ied di lapangan, Namun dapat dilakukan di Masjid dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan. Hal ini dilakukan agar tidak terjadinya penyebaran Virus Covid-19.


"Saya tidak ingin ibadah yang kita lakukan menjadi dipersalahkan seperti di India setelah melakukan kegiatan keagamaan penyebaran Virus Covid-19 meningkat tajam. Oleh karenanya mari kita bersama-sama berdoa dan saling menjaga untuk kesehatan bersama," ujar Wali Kota Medan.

Diakhir sambutannya, Wali Kota Medan menyampaikan selamat hari raya idul Fitri 1442 H kepada seluruh masyarakat kota Medan khususnya umat muslim. Semoga ibadah yang telah kita jalani membawa kebaikan dan keberkahan untuk diri kita dan Kota Medan.

"Atas nama Pemko Medan saya mengucapkan minal aidzin Walfaizin, mohon maaf lahir dan batin. Semoga Kita menjadi umat muslim kembali fitrah dan kota Medan menjadi kota yang berkah," ucap Bobby.

Selanjutnya Takbiran bersama ini dipandu oleh Al Ustad Amri Sembiring. Hadir dalam kegiatan ini Asisten Ekbang Khairul Syahnan, Kasat Pol PP M. Sofyan, Kadishub Iswar Lubis dan Plt Kabag Agama Khoiruddin Rangkuti, serta Camat Medan Area Hendra Asmilan dan Ketua BKM Masjid Jamik Fandi Lubis.




Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan