BERITA :


Saat Safari Ramadan, Ketua BKM: Perhatian Pemko Medan Jadikan Baiturrahman sebagai Masjid Mandiri

Saat Safari Ramadan, Ketua BKM: Perhatian Pemko Medan Jadikan Baiturrahman sebagai Masjid Mandiri


Berkat kolaborasi, bimbingan, dan perhatian dari Pemko Medan, Masjid Baiturrahman di Kecamatan Medan Johor ditetapkan sebagai terbaik ketiga Masjid Mandiri di Kota Medan. Atas capaian ini, Badan Kemakmuran Mesjid (BKM) Baiturrahman mengucapkan terima kasih kepada Pemko Medan khususnya bapak Wali Kota Medan, Bobby Nasution.

Hal ini disampaikan Ketua BKM  Baiturrahman, Abdul Karim ketika Tim Safari Ramadan Pemko Medan yang dipimpin Wali Kota Medan, Bobby Nasution diwakili Asisten Pemerintahan dan Sosial, Muhammad Sofyan melakukan  Safari Ramadan di Masjid Baiturrahman, Jalan Karya Wisata, Kompleks Johor Indah Permai I (JIP I) Rabu (3/4/2024).

Menurut Abdul Karim, tidak hanya ditetapkan sebagai terbaik ketiga Masjid Mandiri, perhatian dan bimbingan yang diberikan Pemko Medan saat ini Masjid Baiturrahman sudah memiliki Kenaziran Wakaf, sehingga BKM telah menyelesaikan seluruh sertifikasi aset Masjid Baiturrahman . Artinya seluruh aset baik lahan maupun bangunan sudah tersertifikasi.

"Capaian lainnya yang cukup membanggakan bagi kami, yaitu BKM Baiturrahman yang semula hanya memiliki unit Baitul Mal yang dikukuhkan melalui SK BKM, kini di Bulan Januari 2024 kemarin sudah dikukuhkan menjadi UPZ BAZNAS Kota Medan", Jelas Abdul Karim.

Selain itu, Abdul Karim juga menyampaikan karena Prasarana, Sarana dan Utilitas (PSU) kompleks JIP I telah diserahkan kepada Pemko Medan, masyarakat di sini juga telah merasakan manfaatnya.

"Sejak PSU kompleks JIP I diserahkan kepada Pemko Medan, warga merasakan adanya suasana baru, karena lampu penerangan sudah mulai menerangi lingkungan. Kami ucapkan terima kasih. Kami berharap selanjutnya infrastruktur jalan disini juga dapat diperbaiki", ujar Ketua BKM Baiturrahman.

Kemudian Abdul Karim mengungkapkan saat ini Masjid Baiturrahman sedang tahap renovasi dan sudah mencapai 75 persen pembangunannya. Sisa pengerjaan 25 persen ini berhenti sejenak karena kekurangan dana." InshaAllah di bulan depan akan dilanjutkan renovasi masjid karena keberkahan Ramadan sudah ada dana yang terkumpul termasuk bantuan yang diberikan Pemko Medan melalui Safari Ramadan ini", sebutnya.

Wali Kota Medan, Bobby Nasution diwakili Asisten Pemerintahan dan Sosial Muhammad Sofyan, mengucapkan selamat atas capaian yang didapatkan Masjid Baiturrahman, khususnya untuk terbaik ketiga Masjid Mandiri. "Dengan capaian tersebut, berarti program Masjid Mandiri yang dicanangkan bapak Wali Kota Medan telah terwujud dan membawa keberkahan dan kebaikan untuk masjid di Kota Medan", jelas Aspemsos.

Disampaikan Sofyan, kehadiran jajaran Pemko Medan di Masjid Baiturrahman ini dalam rangka kegiatan Safari Ramadan Pemko Medan. Ini merupakan Safari Ramadan terakhir yang dilaksanakan Pemko Medan selama Bulan Ramadan.

"Jelang berakhirnya bulan suci Ramadan mari kita tetap menjaga konsistensi ibadah di malam-malam terakhir Ramadan. Artinya kita tingkatkan ibadah di terutama di 10 malam terakhir ", kata Sofyan yang hadir didampingi Pimpinan Perangkat Daerah diantaranya, Kadispora Damikrot dan Kadis Kesehatan Taufik Ririansyah, serta Camat Medan Johor Andry Febriansyah.

Selanjutnya dalam Safari Ramadan Pemko Medan memberikan sejumlah bantuan untuk Masjid Baiturrahman, diantaranya bantuan untuk pembangunan masjid senilai Rp 50 Juta yang diterima Ketua BKM Baiturrahman.

Kemudian Bantuan sosial sebesar Rp 10 juta dan paket ramadan, bantuan budidaya ikan beserta bibit cabai, bantuan satu set perlengkapan tenis meja, rak buku serta barcode e-perpus. Bobby Nasution juga  memberikan santunan kepada 50 anak yatim-piatu yang ada di Kecamatan Medan Johor.

Sebelum berbuka puasa bersama Safari Ramadan Pemko Medan juga diisi dengan Tausyiah agama yang disampaikan oleh Al Ustad Prof Warni Marpaung. Kemudian dilanjutkan Salat Maghrib berjamaah dan diakhiri dengan makan malam bersama.







Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan