BERITA :


Job Fair Mini Pemko Medan Jembatan Menuju Karier Gemilang

Job Fair Mini Pemko Medan Jembatan Menuju Karier Gemilang


Hadirnya Job Fair Mini yang diadakan Pemko Medan di setiap kecamatan menjadi jembatan bagi para pencari kerja menuju karier yang gemilang. Sebab melalui Job Fair Mini tersebut, para pencari kerja dapat langsung memilih pekerjaan sesuai dengan passionya masing-masing.

Melalui Job Fair Mini ini juga, Wali Kota Medan Bobby Nasution telah berhasil menurunkan angka pengangguran di Kota Medan. Dari data yang di proleh dari Dinas Ketenagakerjaan Kota Medan, selama tahun 2023 jumlah pelamar kerja yang diterima bekerja di perusahaan melalui Job Fair Mini Pemko Medan sebanyak 273 orang. Sementara untuk tahun 2024 sampai dengan bulan Mei sudah sebanyak 277 orang yang diterima bekerja di perusahaan.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Medan Illyan Chandra Simbolon mengatakan penyelenggaraan Job Fair Mini sengaja ditempatkan di masing-masing Kecamatan agar lebih mendekatkan antara pemberi dan pencari kerja itu sendiri.

"Biasanya kami membuat Job Fair sekali dalam setahun. Namun kami berinovasi mengadakan Job Fair skala mini di masing-masing kecamatan, tujuannya agar masyarakat lebih mudah menjangkaunya," kata Illyan Chandra Simbolon.

Dengan begitu Illyan Chandra Simbolon berharap Job Fair Mini yang rutin diselenggarakan Pemko Medan ini dapat lebih efektif dalam mengurangi angka pengangguran di Kota Medan.

"Tentunya kita berharap melalui Job Fair Mini ini dapat mengurangi angka pengangguran di kota Medan secara signifikan sebagaimana harapan dari Wali Kota Medan, bapak Bobby Nasution," harap Illyan Chandra Simbolon.

Tidak hanya itu saja, Pemko Medan melalui Dinas Ketenagakerjaan Kota Medan juga menghadirkan aplikasi Sistem Informasi Terpadu Ketenagakerjaan (Siduta). Ini merupakan sebuah platform pengembangan karir yang dapat digunakan untuk meningkatkan skill, kompetensi dan menjadi tempat bagi seluruh angkatan kerja, pemerintah dan perusahaan untuk saling terhubung dan menemukan kebutuhan mereka secara profesional.

Saat ini Aplikasi Siduta sudah bisa diakses tidak hanya oleh masyarakat Kota Medan saja, namun juga masyarakat dari luar Kota Medan. Terdapat 794 perusahaan yang sudah bekerja sama melalui aplikasi Siduta tersebut.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Medan, Illyan Chandra Simbolon menyebutkan aplikasi Siduta tersebut memudahkan masyarakat untuk mencari informasi lowongan pekerjaan dan juga pelatihan.

"Bagi masyarakat yang ingin mencari informasi lowongan pekerjaan tidak tertutup hanya melalui Job Fair Mini saja, melainkan dapat juga mencari informasinya di aplikasi Siduta. Disitu lengkap ada informasi lowongan pekerjaan maupun pelatihan. Selain itu juga dapat digunakan sebagai wadah konsultasi hubungan industrial antara pekerja dengan perusahaan yang ada di Kota Medan," pungkas Illyan Chandra Simbolon.





Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan