BERITA :


Wali Kota Larungkan Eco Enzyme Ke Sungai Deli

Wali Kota Larungkan Eco Enzyme Ke Sungai Deli

Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution, S.E., M.M. diwakili Kadis Pariwisata, Drs. H. Agus Suriyono, melarungkan cairan eco enzyme ke aliran Sungai Deli di Jalan Young Panah Hijau, Kelurahan Labuhan Deli, Medan Labuhan, Sabtu (6/3). Pelarungan ini mengawali Aksi Bersih Susur Sungai Deli memperingati Hari Peduli Sampah yang digelar Ikatan Jaka Dara (Ikajara) Kota Medan, Khadijah Saraswaty, SD IT dan SMP Siti Hajar, serta berkolaborasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Medan . Cairan eco enzyme yang merupakan hasil fermentasi sampah organik ini berfungsi mengurai limbah yang berdampak buruk bagi kelestarian hidup di sungai.

Dalam Aksi Bersih Susur Sungai Deli ini, para pegiat lingkungan hidup itu menggunakan perahu bermotor dan boat untuk menyusuri sungai sembari membersihkan sungai dari sampah. Mereka menargetkan dapat mengumpulkan paling sedikit satu ton sampah. Dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kadis Pariwisata, Wali Kota mengapresiasi Aksi Bersih Susur Sungai Deli ini. Dia mengharapkan kegiatan positif ini berkelanjutan sehingga akan memberikan pengaruh optimal dalam upaya pelestarian lingkungan. 

Wali Kota menyebutkan, menjaga kebersihan sungai tidak cukup hanya mengandalkan para petugas kebersihan. Masyarakat harus terus diedukasi agar memiliki kesadaran untuk tidak menjadikan sungai sebagai tempat pembuangan sampah.

"Tanpa ada kesadaran dan partisipasi warga untuk membuang sampah pada tempatnya, masalah sampah tidak akan pernah berakhir," sebutnya. Di akhir sambutannya, Wali Kota mengajak seluruh warga Medan agar senantiasa menjaga kebersihan lingkungan dan memanfaatkan secara maksimal sampah yang bisa didaur ulang agar lingkungan menjadi asri dan nyaman.

 

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan