BERITA :


MTQ ke- 54 Tingkat Kota Medan Dipastikan Tanpa Pawai Taaruf dan Penonton

MTQ ke- 54 Tingkat Kota Medan Dipastikan Tanpa Pawai Taaruf dan Penonton

Pemko Medan menggelar rapat koordinasi persiapan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran MTQ ke -54 Kota Medan tahun 2021, Jumat (05/03) di Balai Kota. Dalam rapat yang di pimpin Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution SE MM, diwakili Plt Aspem Khairul Syahnan ini dipastikan MTQ  ke -54 Tingkat Kota Medan tanpa Pawai Taaruf dan Penonton.

Selain itu MTQ yang akan berlangsung di Kecamatan Medan Johor tepatnya di Asrama Haji dan gedung Yayasan Perguruan Al Azhar Medan dari mulai tanggal 16 sampai 23 Maret 2021 ini juga dipastikan tanpa adanya stand Pameran OPD dan Kecamatan serta Stand Bazar. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi Kerumunan masyarakat, sebab MTQ ke -54 tingkat Kota Medan diselenggarakan di masa Pandemi Covid-19. 

Dalam rapat yang  dihadiri Plt Kabag Agama Khoiruddin Rangkuti, Ketua harian LPTQ Kota Medan, Palid Muda Harahap, Perwakilan Kapolrestabes Medan dan Perwakilan Dandim 0201/BS, dan diikuti segenap OPD dan pihak Kecamatan Johor serta Penyelenggara (Event Organizer) ini, Plt Aspem juga menginstruksikan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) agar mempersiapkan segala keperluan tekhnis kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) secara rinci sehingga nantinya dapat berjalan lancar dan sukses. 

"Meskipun tanpa pawai Taaruf dan stand Pameran serta Penonton, tidak akan menghilangkan esensi dari Musabaqoh itu sendiri yakni menghasilkan bibit unggul dan syiar Islam. Masyarakat Kota Medan tetap dapat menonton secara virtual melalui YouTube. Untuk panitia, dewan hakim dan peserta yang nantinya mengikuti MTQ akan menjalani Rapid Test dan tetap menerapkan Protokol Kesehatan. Untuk itu kita tetap melaksanakan tugas dan tanggung jawab agar pelaksanaan MTQ berjalan lancar dan sukses", jelas Plt Aspem.

Dijelaskan Plt Aspem, sesuai arahan bapak Wali Kota Medan, pelaksanaan MTQ ke 54 tingkat Kota Medan ini jangan sampai ada terjadinya kerumunan masyarakat. Untuk itu, kita harus dapat memastikan hal tersebut agar tidak terjadinya penyebaran Virus Covid-19. " waktu perlombaan pada MTQ nanti hanya akan ada Panitia, Dewan Hakim dan peserta saja. pak Wali Kota gak mau adanya kerumunan masyarakat", jelas Plt Aspem.

Sebelumnya, Plt Kabag Agama Khoiruddin Rangkuti menjelaskan bahwa Penyelenggaraan MTQ ke-54 tingkat Kota Medan berbeda dari tahun sebelumnya. Tentu ini tidak mengurangi semangat kita dalam melaksanakan musabaqoh. Untuk Pembukaan MTQ akan dilaksanakan di Gedung Asrama Haji Medan pada tanggal 16 Maret 2021. 

"Pelantikan Dewan Hakim akan dilaksanakan pada tanggal 15 Maret dan akan dilantik langsung Bapak Wali Kota Medan. Untuk penutupan akan berlangsung pada tanggal 23 di Gedung Yayasan Perguruan Al Azhar Medan", jelasnya.

Dijelaskan Khoiruddin Rangkuti, Masyarakat Kota Medan tetap dapat mengikuti jalannya pelaksanaan MTQ melalui saluran YouTube dengan id MTQ ke 54 tingkat Kota Medan Tahun 2021.

Dalam kesempatan tersebut Ketua Harian LPTQ Kota Medan Palid Muda Harahap menjelaskan tanggal 8 pendaftaran peserta dimulai, untuk menghindari Kerumunan, kami membatasi 3 Kecamatan perhari yang dapat mendaftarkan peserta.

"Saya meminta pendaftaran jangan ditunda-tunda, karena telah ditentukan sesuai jadwal. Hal ini dilakukan agar tidak terjadinya Kerumunan", jelasnya.

 

  

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan