BERITA :


Jam 12.00 WIB Sampah Medan Kota Sudah Dibawa ke TPA

Jam 12.00 WIB Sampah Medan Kota Sudah Dibawa ke TPA

Melaksanakan program prioritas penanganan kebersihan, Kecamatan Medan Kota terus meningkatan pelayanan pengangkutan sampah. Setiap hari mulai pukul 06.00 WIB petugas bestari dan armada telah berkeliling mengangkut sampah penduduk. Dan pada pukul 12.00 WIB armada typer sudah dalam proses perjalanan membawa sampah menuju Tempat Pemrosesan Akhir (TPA)

 

Ini disampaikan Camat Medan Kota Raja Ian Andos Lubis, Selasa (6/6) di kantornya. Dia mengatakan, pada pukul 11.00 WIB petugas bestari juga kembali berkeliling untuk mengangkut sampah yang dilbuang warga di atas pukul 07.00 WIB. 

 

"Walaupun sebenarnya kita terus mengingatkan warga agar meletakkan sampah pada tempatnya sebelum pukul 07.00 WIB" sebutnya seraya menambahkan, bukan hanya pengangkutan sampah yang dilakukan sejak pagi, namun juga penyapuan oleh para petugas Melati. 

 

Bersamaan dengan itu, pihaknya juga menugas kepala lingkungan memantau wilayahnya. Jika menemukan ada sampah yang belum diangkut, kepala lingkungan wajib segera berkoordinasi dengan mandor kebersihan. 

 

Ian Andos menambahkan, pada malam hari secara galatama pihak kelurahan juga  melakukan penyisiran sampah liar di jalan-jalan protokol. Penyisiran tahap pertama ini, lanjutnya, berlangsung mulai pukul 20.00-24.00 WIB. Selanjutnya penyisiran dilakukan empat orang Petugas Penanganan Prasaranan dan Sarana Umum (P3SU) yang mendapat giliran piket. 

 

"Program penyisiran ini kita nama Penyelam dan telah mendapat apresiasi dari Wali Kota Medan," ungkapnya. 

 

Untuk memaksimalkan pelayanan bidang kebersihan, pihaknya juga telah membuka callcenter Lapor Samarata atau Layanan Pelaporan Sampah Masyarakat Medan Kota di nomor 082276487691. 

 

"Warga yang mengalami kendala dalam pengangkutan sampah bisa langung menghubungi nomor tersebut," sebutnya, seraya mengaku sampai saat ini belum ada laporan yang masuk ke Lapor Samarata. 

 

Menyinggung soal jumlah petugas dan armada, Andos mengatakan, saat ini Kecamatan Medan Kota memiliki 17 typer, 3 convektor, 1 kontainer dan 89 becak sampah. Sedangkan petugas bestari sebanyal 89 dan pasukan melati 59 orang.

 

"Semua sumber daya ini kita maksimalkan untuk menangani sampah dan kebersihan pada 12 kelurahan di Medan Kota," tutupnya.




Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan