BERITA :


Tekan Angka Premanisme yang Ganggu UMKM, Pemko Medan Akan Lakukan Pembinaan terhadap Pemuda dan Berkolaborasi Dengan Penegak Hukum

Tekan Angka Premanisme yang Ganggu UMKM, Pemko Medan Akan Lakukan Pembinaan terhadap Pemuda dan Berkolaborasi Dengan Penegak Hukum

Di masa kepemimpinannya Wali Kota Medan Bobby Nasution berkomitmen untuk meningkatkan perekonomian di kota Medan. Berbagai upaya telah dilakukan Bobby Nasution agar perekonomian dapat meningkat. Selain mempermudah perizinan, Bobby Nasution juga fokus memberdayakan UMKM karena UMKM merupakan salah satu sektor yang dapat meningkatkan perekonomian. Namun dalam proses Bobby Nasution meningkatkan perekonomian, terdapat hambatan dan kendala yang sangat disayangkan terjadi di lapangan yakni  aksi premanisme oknum OKP yang kerap mengganggu para pelaku usaha sehingga menghambat perekonomian di Kota Medan. 

Menyikapi hal tersebut, Bobby Nasution pun dengan tegas telah menginstruksikan jajaran Perangkat Daerah terkait agar dapat menekan dan mencegah aksi premanisme tersebut. Dengan tidak adanya aksi premanisme nantinya pelaku usaha akan lebih tenang berusaha dan investor juga akan  berinvestasi di Kota Medan. Menindaklanjuti instruksi Bobby Nasution, Dinas Pemuda dan Olahraga Dispora Kota Medan akan melakukan upaya untuk mencegah aksi premanisme sesuai dengan tupoksinya. Kadispora Pulungan Harahap mengungkapkan pihaknya akan melakukan Pembinaan bagi para pemuda khususnya yang termasuk dalam OKP. 

"Nantinya kita akan berkolaborasi dengan Badan Kesbangpol Kota Medan untuk memetakan pemuda yang tergabung dalam OKP. Kemudian sesuai tupoksi kita, Pemuda tersebut akan lakukan Pembinaan yang lebih mengarah kepada olahraga," Jelas Pulungan Harahap ketika dikonfirmasi Sabtu (28/1). Ditambahkan Kadispora, pihaknya juga akan membangun sarana olahraga di setiap wilayah yang nantinya dapat dimanfaatkan pemuda untuk berolahraga. "Kita ajak pemuda ke arah yang lebih positif dengan berolahraga. Mudah-mudahan upaya ini dapat mengurangi aksi premanisme yang terjadi ditengah masyarakat," Sebutnya. Selain Dispora, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Medan juga akan berupaya untuk mencegah aksi premanisme. Kasatpol PP Rakhmat Harahap menjelaskan pada prinsipnya pihaknya menjalankan tugas sebagai penegak Peraturan Daerah (Perda) guna ketertiban dan kenyamanan masyarakat. 

"Untuk aksi premanisme Satpol PP Kota Medan akan berkolaborasi dengan pihak keamanan penegakan hukum terutama Kepolisian. Artinya kami akan berkolaborasi gerak cepat dengan Polrestabes Medan untuk menekan dan mencegah aksi premanisme yang dapat menganggu UMKM dan berdampak juga dengan investasi sesuai dengan instruksi pak Bobby Nasution," Ujar Kasat Pol PP. Sementara itu Kepala Badan Kesbangpol Kota Medan Irwan Ritonga mengungkapkan bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dispora untuk mengatasi dan mencegah aksi premanisme yang terjadi terhadap pelaku usaha. "Kemarin kami bersama Dispora telah melakukan pertemuan membahas menangani dan mencegah aksi premanisme. Beberapa mekanisme akan dilakukan guna mengatasi permasalahan tersebut," Ujarnya.



Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan