BERITA :


Pemko Medan Berkolaborasi dengan USAID ERAT Gelar Forum Satu Data Indonesia

Pemko Medan Berkolaborasi dengan USAID ERAT Gelar Forum Satu Data Indonesia

Pemerintah Kota Medan dalam hal ini Bappeda, Diskominfo, BPS Kota Medan serta seluruh perwakilan Perangkat Daerah Se-Kota Medan gelar Forum Satu Data Indonesia (FSDI) yang berkolaborasi dengan USAID ERAT pada Senin (29/05). Kegiatan yang digelar di Hotel Santika Dyandra Medan ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Kota Medan Wiriya Alrahman yang diwakili Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Medan Arrahman Pane. 

 

Dalam sambutannya Sekda Kota Medan megapresiasi dan berterimakasih atas kehadiran seluruh produsen data dalam hal ini perwakilan dari setiap organisasi perangkat daerah Kota Medan. Karena dengan kehadiran para produsen data ini mencerminkan keseriusan dalam memperkuat kelembagaan dalam memperkuat FSDI di Kota Medan. "Saya menyampaikan apresiasi yang tinggi, sekaligus terima kasih yang sebesar – besarnya, atas kehadiran kita bersama hal ini tentunya mencerminkan keseriusan kita dalam memperkuat kelembagaan forum satu data di kota medan, yang menjadi “rumah” kita bersama dalam menyukseskan penyelenggaraan satu data kota medan." Ungkap Wiriya Alrahman. 

 

Wiriya menjelaskan tujuan FSDI ini dibentuk untuk menggapai keinginan bangsa Indonesia untuk berdaulat dalam data sebagaimana yang sudah di atur melalui Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 39 tahun 2019 tentang satu data indonesia yang mengamanatkan kebijakan tata kelola data pemerintah untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu dan dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagi pakaikan dan Peraturan Wali Kota Medan Nomor 31 Tahun 2021 tentang penyelenggaraan satu data Kota Medan. "Dengan satu data ini tentunya akan membantu Pemerintah dalam membuat rencana kerja yang berkesinambungan serta mempermudah pimpinan dalam membuat kebijakan yang tepat sasaran sesuai dengan data yang ada" Kata Wiriya Alrahman.

 

Selanjutnya Wiriya Alrahman Sekda Kota Medan juga menjelaskan fungsi dari Forum Satu Data Indonesia ini sebagai wadah koordinasi dan komunikasi bagi anggota forum yang nantinya secara berkala akan menentukan daftar data prioritas yang akan dihimpun oleh wali data ataupun walidata pendukung dari para produsen data sehingga dari forum ini diharapkan berbagai evaluasi dan proyeksi bahkan perumusan dan menyepakati kebijakan teknis terhadap keberlangsungan penyelenggaraan satu data Kota Medan. 

 

Selain dihadiri Kadis Kominfo Medan Arrahman Pane, Kegiatan yang berlangsung khidmat ini juga dihadiri oleh perwakilan Badan Pusat Statistik Medan Aan Wiliana, Kepala Bappeda Medan yang diwakili Kabid Perencanaan, Pengendalian, dan Evaluasi Shandra Himalaya, Kabid Statistik dan Informasi Publik Diskominfo Medan Rizka Firdahlia S.sos, perwakilan USAID ERAT Adhiawan Soegiharto dan Hawari Hasibuan, serta seluruh perwakilan Perangkat Daerah Kota Medan.




Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan